Kabut Asap, Penderita ISPA di Palembang Bertambah

Palembang - Efek kabut asap akibat kebakaran lahan di beberapa kabupaten Sumsel saat ini mulai mengganggu kesehatan warga. Bahkan, di Palembang, penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) terus berdatangan ke puskesmas maupun klinik kesehatan.

Dari data Dinas Kesehatan Sumsel, selama bulan Juli 2015, jumlah penderita ISPA di Palembang berada di angka 599,13 per 10.000 penduduk.

“Jumlah ini memang jauh berkurang dibandingkan tahun kemarin di angka 1.556,2 orang per 10.000 penduduk. Namun, kita tetap akan melakukan sosialisasi untuk pencegahan penyebaran ISPA. Selain itu, kita juga melakukan kerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) juga untuk memantau. Kalau sekarang kondisi Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) masih di range sedang, yaitu antara 50-100. Sehingga untuk penderita ISPA juga jauh lebih rendah dibandingkan tahun kemarin,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, saat dikonfirmasi, Selasa (1/9).

Bahkan, lanjutnya, pihaknya juga sudah melakukan langkah pencegahan dengan membuat surat edaran ke Kepala Dinkes Kabupaten/Kota.

“Ya, seperti sosialisasi gangguan ISPA dan pencernaan, meningkatkan upaya pencegahan melalui hidup sehat dan etika batuk, penggunaan masker dan kacamata untuk mengurangi partikel kabut asap, penggunaan jamban yang bersih, pengelolaan penjernihan air bersih dan sarana pembuangan limbah,” katanya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Merdeka Palembang, dr.Desty Aryani, mengatakan peningkatan penderita ISPA di Palembang dalam beberapa bulan ini mencapai 10-20 persen.

“Setiap bulan memang ada keluhan ISPA, namun dalam bulan ini jumlahnya meningkat, namun tidak melonjak jauh. Memang karena faktor cuaca dan debu. Kebanyakan orang dewasa yang sering beraktivitas diluar rumah. Penyakit yang diderita seperti batuk, sakit menelan dan pemicu penyakit asma,” ungkapnya.

Dirinya juga menghimbau, agar masyarakat bisa menerapkan perilaku hidup bersih, selalu konsumsi air putih yang banyak, gunakan masker mulut saat keluar rumah dan jangan sampai asap masuk ke dalam rumah.

Pada bulan Agustus ini, penderita ISPA di Puskesmas Merdeka Palembang tercatat sebanyak 496 orang, terdiri dari 331 pasien dewasa dan 168 pasien anak-anak. Pasien wanita dewasa ternyata lebih rentan terjangkit penyakit ISPA dibandingkan pria dewasa dan anak-anak.

Sumber : Majalah Dahsyat

 
 

Jadwal Sholat

Untuk Palembang & Sekitarnya
 
Imsak04:15 WIB
Subuh04:25 WIB
Syuruq05:47 WIB
Dzuhur11:58 WIB
Ashar15:25 WIB
Maghrib18:07 WIB
Isya19:21 WIB
2°59'LS, 104°47'BT
Ketinggian : 10 m
Arah kiblat : 65°27' (U-B)

Berita Kategori Lainnya

Belum ada berita lainnya untuk kategori lainnya.

Indeks Berita